Crystal Palace FC, Si Elang Revolusi Dari London Selatan

Sejarah perjuangan Crystal Palace

Chdiic – Bicara masalah klub sepak bola dari London yang mentas di Primer League tak hanya berkutat pada dua klub besar yaitu Arsenal dan Tottenham saja ada nama lain yang tersemat di kota ini, yaitu Crystal Palace FC. Sebuah klub sepak bola yang cukup lawas lahir di kota London ini.  Eagles julukan dari klub ini sudah lahir sejak tahun 1905 tepatnya di tanggal 10 September tahun 1905.

Memang namanya tak semoncer dua klub di atas, akan tetapi debut dan kiprahnya di kancah persepakbolaan Inggris raya dan juga Eropa menyimpan banyak cerita dan perjuangan. Kisah perjuangan Crystal Palace bermula dari sebuah klub sepak bola yang lahir pada masa revolusi perindustrian di Negara Inggris. Sehingga nama yang disandang klub ini sejatinya adalah nama sebuah gedung pameran barang.

Tak ayal logo yang dipakai sebagai identitas klub juga menyerupai gambar sebuah bangunan atau gedung sebagai simbol perjuangan Crystal Palace. “The Glazier” jadi julukan awal, namun dalam perkembangannya logo mengalami evolusi dengan tambahan gambar burung elang. Tak ayal hal ini juga berakibat pada perubahan sapaan atau julukan klub yang dikenal sekarang sebagai “The Eagles”.

Sejarah perjuangan Crystal Palace tak lepas dari Stadion Selhurst Park yang jadi kandang dari klub. Stadion yang mampu menampung 26.255 ribu penonton. Dalam liku perjalanan prestasinya. The Eagles baru mampu mencicipi kompetisi tertinggi setelah berjuang selama 64 tahun. Klub ini berhasil promosi ke kasta nomor satu di tahun kompetisi 1969/1970.  Klub ini juga menjadi salah satu pencetus era Liga Primer.

Liga Primer Inggris pertama kali digulirkan pada musim 1992/1993. Akan tetapi sebuah kenyataan pahit harus dirasakan Crystal Palace ketika mesti terdegradasi di penghujung musim pertama gelaran Liga Primer di tahun yang sama pula. Prestasi klub London ini memang bisa dikatakan angin-anginan. Hal ini dibuktikan dengan catatan partisipasinya di Liga tertinggi Inggris sebanyak 15 kali.

Sejarah perjuangan Crystal Palace selama 15 musim, sudah 6 kali masuk jurang degradasi dan 6 kali pula berhasil naik lagi. Ada catatan spesial dibalik pengalaman degradasi klub London Selatan ini. Sebanyak 3 kali, Palace berhasil promosi dan selanjutnya langsung turun kasta lagi di musim berikutnya.  Bahkan ada catatan miris terkait nasib klub ini. Tepatnya di era tahun 2010-an klub ini hampir saja bangkrut.

Beruntung ada Steve Parish yang menyelamatkan sejarah perjuangan Crystal Palace. Hingga akhirnya klub ini hidup kembali meskipun di musim 2012-2013 harus turun ke kasta ke dua. Namun di musim berikutnya sudah berhasil naik lagi ke Primer League.  Bahkan di musim 2015/2016 mampu mengejutkan publik sepak bola Inggris karena mampu bertahan di papan tengah posisi akhir Liga Primer Inggris.

You may also like...